Label

Senin, 02 Mei 2011

Facebook dan cara mengamankannya

Beberapa jam lalu aku mendapatkan sms dimintai tolong buat ngembalikan facebook yang dicuri orang iseng. Pikirku, masih ada aja orang yang doyan "NYURI" facebook. Oya, kenapa aku bilang curi bukan ngehack? jelas - jelas, niatnya mau ngambil account facebook orang lain. Kalo ngehack tuh ya kayak ngebobol jaringan, ngobrak ngabrik website orang. Kalo kayak gini mah sama kayak nyolong< ayam, yang punya lengah, udah deh ilang. Kecuali dia mendapatkan password facebooknya ngebobol sampe ke PC/Laptop korban, dengan kata lain, pelaku tidak hanya dapat ID dan password facebook korban, melainkan semua data yang dimiliki korban, itu termasuk hacking. Apa sih modus dari pencurian account facebook tersebut? Ada macam macam
modus yang ada, seperti :

1. Game, pelaku iri dan menginginkan account game facebook korban. Misal korban main poker dan chipsnya ada sampe 100M. Nah pelaku ingin punya chipsnya korban. Otomatis pelaku harus masuk ke facebook korban untuk mendapatkan chips tersebut.

2. Cemburu, biasanya ini terjadi kalau merasa sang pacar ato gebetan lagi deket dengan orang lain. Dia nyusup ke facebook pacarnya, tapi hanya memantau gerak gerik sang pacar tanpa mengubah apapun.

3. Dendam, pelaku memiliki dendam terhadap korban. Merasa korban selalu aktif di facebook, sehingga pelaku mencoba mencuri facebooknya untuk menjatuhkan si korban.

4. Iseng, biasanya orang orang yang baru dapat tutorial cara "ngehack facebook." biasanya diambil random atau orang yang dia suka, ataupun orang yang dia benci. biasanya ini buat gaya gayaan. Padahal kalo punyanya dia sendiri kena curi bingung sendiri dia.

5. Stalker, mungkin ini gabungan dari point 2 dan 3. Dimana pelaku memantau kegiatan korban dari facebook yang dicurinya, atau bahkan melihat lihat foto yang dimiliki korban tanpa harus jadi temannya, dimana kalo ga jadi temannya ga bisa lihat fotonya.

mungkin masih ada lagi modus lainnya yang belum aku ketahui. Tapi bagaimanapun itu, kita harus bisa mengamani facebook kita sendiri. Bagaimana caranya?

1. Password, gunakan variasi angka dan huruf dalam membuat password. Dan sering sering ganti password facebook secara berkala. Dan jangan gunakan password yang sama dengan email anda. Gunakan password yang berbeda pada setiap account yang anda miliki. Dan jangan masukkan informasi yang berhubungan dengan password anda di account facebook anda atau jangan gunakan tanggal lahir/nama orang tua/nama pacar sebagai password anda.

2. Email, sembunyikan email anda dari semua orang. Jangan beritau email facebook anda kepada orang lain. Caranya, buka account setting >> Privacy (klik manage) >> pilih pilihan custom >> lalu custom setting. Setting sesuai dengan ke inginan anda. Lalu dipaling bawah ada email anda diganti settingnya menjadi custom, dan pilih only me. Saran saya, jangan gunakan yahoo mail untuk account facebook anda, karena yahoo mail rentan kena serang para pencuri passoword. Ada banyak cara untuk mencari tau password yahoo mail. Jadi gunakan yang lain, kalau bisa gunakan yang jarang digunakan orang lain, dan jangan beritahu email anda kepada siapapun. Begitu orang sudah menguasai email anda, semua account yang anda miliki bisa menjadi milikknya. Email memegang peranan sangat penting untuk keamanan account account anda.
(klik gambar untuk memperbesar)











3. Account security, setting account security anda biar lebih aman. Caranya, buka account setting >> persis dibawah privacy terdapat account setting. Di klik aja. setelah itu secure browser dan login notification dicentang dicentang. Dibawahnya tedapat account activity, dimana kamu dapat memantau accountmu ketika kamu lupa logout dari tempat orang. Nanti akan ada tulisan End Activity, di klik aja nanti account facebookmu yang belum terlogout ditempat orang akan keluar. Dan jika terjadi seperti saya tadi, tiba tiba saya menemukan facebook saya diakses dari jakarta. Langsung saja di End Activity untuk mengurangi resiko kena curi. Dan segera ganti password anda.










4. Security Question, ketika anda membuat email, pasti anda akan disuruh membuat security question. Jangan pernah memasukan informasi yang berhubungan dengan security question yang anda buat di email anda. Orang akan menebak nebak untuk bisa masuk ke account anda. Jadi berhati hatilah dalam membuat security question.

5. Facebook palsu, kadang kita temukan website yang meminta kita untuk memasukkan ID dan password facebook/email kita untuk dapat akses web tersebut. HATI - HATI! Jangan sampai terjebak situs tersebut, bisa saja ID dan password anda tercuri ketika memasukkan keweb tersebut. Kecuali web yang anda buka merupakan web yang sudah terpercaya.

6. Logout, jangan lupa logout sehabis menggunakan facebook. Bisa bisa facebook anda dikerjai teman anda ataupun bisa dicuri. Karena dengan dia masuk ke facebook anda, dia akan mengetahui email anda. Dan jika dia berniat dan mampu, dia bisa mencuri facebook anda dengan mencuri account email anda sebelumnya untuk mendapatkan passord facebbok anda. Bagaimana bisa? Dengan menggunakan fitur forgot password/lupa passoword hilang sudah facebook anda.

7. Warnet, hati hati bila bermain diwarnet. Tidak semua warnet itu bersih. Bisa saja komputer yang anda mainkan terpasang keylogger, ID dan password yang anda ketik akan tercopy dan dikirim ke email pelaku. Antisipasinya, gunakan virtual keyboard/Onscreen Keyboard bawaan windows agar aman dari serangan keylogger. 

8. Email Forwarding, sebisa mungkin anda memiliki 2 account email yang berbeda. Misal di hotmail.com dan di mail.com. Lakukan email forwarding untuk membackup email yang masuk dari email satunya. Ini dilakukan bila facebook anda dicuri dan passwordnya diganti, maka akan ada pemberitahuan ke email anda. Dan jika email anda yang terdaftar difacebook kena curi juga, setidaknya pemberitahuan yang masuk ke email facebook telah diforward ke email yang lagi 1, dan anda masih sempat untuk mendapatkan facebook anda lagi.

9. Teknik jadul, memang sekarang banyak cara canggih, tetapi teknik ini masih sering digunakan orang untuk mendapatkan password temannya. Teknik apa yang digunakan? MENGINTIP, hati hati bila ada teman anda diblakang atau samping anda. Siapa tau dia berniat untuk mengintip password anda.

10. Pancingan, jangan pernah terpancing ketika teman anda mengajak ngobrol menggunakan fitur chating pada facebook. Teman anda berkata :
A :"Eh, ternyata nulis email dan password facebook kita lewat chatting jadi automatis tersensor lho...".
A: "email : ******@****.*** password : ********"
A : "Itu tadi aku ngetik email sama passwordku, langsung kena sensor ternyata"

Lalu anda mencobanya karena penasaran. Dan selamat, email dan password anda telah diketahui teman anda.

Bagaimanapun, penjahat akan selalu lebih canggih. Jadi berhati hatilah ketika anda online. Jangan lupa ganti password secara berkala. Dan jangan berikan terlalu detail informasi pribadi anda di media online. Memang aku bukan ahli dibidang ini, dan mungkin akan menganggap aku sok tau. Tetapi dari pengalaman dan informasi yang aku dapat, aku mencoba untuk berbagi ke yang lain. Semoga saja tulisan ini dapat bermanfaat bagi yang membacanya.




sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=8236256

Tidak ada komentar:

Posting Komentar